Berikut Tips Menemukan Kembali File-File Yang Hilang Dengan Aplikasi ES File Eksplorer

Pernahkah kamu mendapati file-file yang entah itu foto, video, Audio, ataupun dokumen yang tiba-tiba saja secara misterius menghilang? Padahal kita tidak pernah menghapusnya. Kesal sekali bukan?

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menemukan kembali file-file yang hilang secara tiba-tiba itu. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu baru saja menghubungkan Penyimpanan (Memory Internal maupun eksternal) kepada komputer atau laptop untuk menyalin atau memindahkan file dan sebagainya, dimana kamu tidak mencabut sesuai prosedur yang benar. Artinya kamu asal main copot saja tanpa mengeject terlebih dahulu. Sehingga menyebabkan file-file menjadi rusak.

Penasaran ? Yuk Simak Artikel Berikut ini.

Berikut Cara Menemukan Kembali File-File Yang Hilang Dengan ES File Eksplorer

  • Buka Aplikasi ES File Eksplorer. Nah untuk mengatasi masalah ini pertama kamu harus instal Applikasi ES File Eksplorer baik yang versi Pro ataupun yang gratis. Silahkan download di playstore. Kalau sudah di download, install, dan buka aplikasi ES File Eksplorer.
  • Pilih folder LOST.DIR Setelah terbuka silahkan pilih Penyimpanan internal maupun eksternal tempat dimana kamu menyimpan file-file tadi. Kemudian pilih Folder LOST.DIR dan disitu kamu akan mendapati banyak file-file yang tidak jelas ekstensinya apa. Kalau kalau kamu tidak mendapati file-file itu di LOST.DIR kamu silahkan cari folder lain yang isinya file-file tidak beekstensi.
  • Pilih satu file dan dikira-kira itu nama ekstensinya apa. Kalau sudah ketemu file-file itu. Silahkan kamu coba memilih satu file saja. Maka akan muncul pilihan untuk membuka file ke dalam format teks, foto, Audio, video, dan lainnya. Silahkan dikira-kira kalau file yang hilang tadi berupa foto, berarti pilih Gambar. Nah kalau bisa terbuka dan menampilkan Gambar, maka file itu file gambar. Namun jika tidak bisa. Maka coba dengan memilih video, audio, atau lainnya.
  • Rename Semua file-file tadi Kalau sudah ditemukan itu file apa, silahkan tekan lama satu file dalam folder LOST.DIR tadi. Kemudian setelah ada pilihan penandaan, silahkan pilih menu opsi di pojok kanan atas berbentuk titik tiga tersusun ke atas. Kemudian pilih "Pilih Semua" hal ini untuk menandai semua file dalam folder LOST.DIR setelah itu pilih ikon huruf itu I disebelah kiri opsi tadi. Ini untuk merename atau mengganti nama semua file-file dalam folder tadi.
  • Silahkan isi kolom yang disediakan Setelah itu pada kolom pertama, isikan nama file kamu contoh "Foto" kalau itu foto terserah kamu mau dikasih apa. Kemudian kolom selanjutnya berikan penomoran. Bisa diisi 1,01,001, dan seterusnya. Hal ini akan membuat penomoran pada file-file yang akan direname tadi misal foto001 foto002 foto003 dan seterusnya. Dan terakhir pada kolom "Namai ulang nama ekstensi" silahkan tulis JPG atau PNG untuk gambar, untuk audio silahkan tulis MP3 atau WAV, kemudian untuk video tulis 3GP atau MP4 , dan untuk dokumen tulis txt, doc, docx, ppt, atau pdf.
  • Ulangi langkah-langkah diatas dengan memilih nama ekatensi berbeda jika masih terdapat file yang rusak Setelah itu, semua file-file tadi sudah berubah menjadi file gambar. Silahkan cek satu persatu. Jika masih ada file yang rusak, silahkan ulangi langkah-langkah di atas tetapi dengan merubah nama ekstensi dengan format berbeda. Misal kalau tadi JPG sekarang coba 3GP, atau pdf dan lain sebagainya. Okey, sampai di sini apakah file-file yang hilang tadi sudah kembali?

 Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat :)


0 Response to "Berikut Tips Menemukan Kembali File-File Yang Hilang Dengan Aplikasi ES File Eksplorer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel