Inilah Beberapa Mitos Tentang RAM yang Harus Kamu Tahu

Saat menggunakan PC atau laptop, salah satu media penyimpanan yang tak boleh ketinggalan adalah RAM yang biasa disebut dengan Random Access Memory. RAM sendiri berfungsi sebagai penyimpan data yang bisa menghitung secara akurat. Hal ini sangat menguntungkan prosesor agar tidak mengulang perhitungan setiap waktu.


Beberapa pengguna komputer mengungkapkan bahwa semakin besar ukuran RAM maka semakin bagus juga kinerja komputer saat dijalankan. Tetapi, apakah hal ini memang benar? Biar tidak salah paham, yuk ketahui beberapa mitos tentang RAM berikut ini!

Beberapa Mitos Tentang RAM yang Harus Kamu Tahu

1.     Kapasitas RAM Mampu Memengaruhi Kinerja Laptop

Mitos tentang RAM yang pertama adalah kapasitasnya yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Pada umumnya, pengguna PC/laptop mengakui bahwa semakin besar ukuran RAM maka semakin cepat pula kinerja PC/laptop saat dijalankan. Hal ini memang benar dan fakta, tetapi yang perlu diperhatikan adalah tips dan trik memilih RAM sesuai PC kamu.

Cara pemilihan RAM juga harus disesuaikan dengan tujuan kamu saat menggunakan PC/laptop. Apakah hanya digunakan untuk mengoperasikan pekerjaan kantoran ataukah justru digunakan sebagai multimedia dan game-game besar? Untuk kamu yang hanya menggunakan komputer untuk Microsoft Office, cukup gunakan RAM minimum sebesar 4 GB.

Dengan RAM berkapasitas 4 GB tersebut, aplikasi kamu pun juga akan terbuka lebih cepat. Jika kamu menginginkan RAM lebih besar pun juga tidak masalah. Berbeda dengan pengguna komputer yang gemar bikin konten multimedia berkualitas, memori yang dibutuhkan pun lebih besar. Untuk itu, RAM yang disarankan sebesar 16 GB.

Penggunaan RAM 16 GB bagi creator konten visual tentunya sangat menguntungkan karena dapat membuat loading lebih cepat, serta sistem data yang mudah terbuka. Hal ini juga berlaku bagi para gamer yang gemar menyimpan berbagai game bersolusi HD dan berkapasitas besar agar tetap stabil saat mengoperasikannya.

2.     Kedua Slot PC Harus Memuat Kapasitas RAM yang Sama

Mitos tentang RAM yang kedua adalah kedua slot PC harus memuat kapasitas RAM yang sama. Hal ini muncul karena beberapa pengguna percaya bahwa penggunaan RAM dengan model dan frekuensi yang sama akan memberikan kinerja yang optimal secara beriringan. Hal ini tentu saja mitos, kamu pun bisa menggunakan RAM berkapasitas berbeda di kedua slot PC kamu.

Sebagai contoh, jika slot memori pertama kamu isi dengan RAM 4 GB, kamu pun bisa menambahkan RAM 8 GB di slot memori kedua. Nah, ketika kamu mengaktifkan flex mode atau duo channel, kedua fungsi RAM tersebut akan tetap memerankan tugas sebagai RAM berkapasitas 4 GB yang bikin kinerja PC jadi optimal. Sisanya yang 4 GB akan menjalankan fungsinya sebagai mode single channel.

3.     Mengurangi Ruang RAM Untuk Meningkatkan Kecepatan

Mitos tentang RAM yang ketiga adalah mengurangi ruangnya untuk meningkatkan kecepatan PC/laptop. Hal ini merupakan salah satu mitos yang paling banyak tersebar di beberapa pengguna computer. Biasanya, mereka akan mengaplikasikan RAM booster atau memory optimizer untuk mengurangi kapasitas RAM yang dipakai oleh sistem computer.
Apabila kapasitas RAM penuh dan ingin menguranginya dengan memanfaatkan software booster tentunya tidak akan memiliki efek yang signifikan. Sebaliknya, sistem PC/laptop akan semakin melambat karena kemampuan perhitungan yang dimiliki RAM juga dapat terhapus secara tidak sengaja.

Perlu diketahui bahwa RAM tidak sama dengan hard drive maupun storage. Dalam menjalankan fungsinya, tentu RAM akan menyesuaikan diri sesuai dengan jenis PC/laptop yang digunakan. Asalkan kamu tidak berlebihan menggunakan aplikasi secara bersamaan, tentunya tidak akan timbul masalah yang berat.

Itulah beberapa mitos tentang RAM yang harus kamu tahu. Meskipun penggunaan sangat penting, pastikan dahulu sistem operasi yang kamu gunakan. Kompatibel atau tidak? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

0 Response to "Inilah Beberapa Mitos Tentang RAM yang Harus Kamu Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel